Media Info Dan Hiburan Wonosobo Punya

Selayang Pandang Masjid Al-Manshur Wonosobo


Untuk rubrik “ziarah” pekan ini Wonosbo Click akan mengajak anda menyusuri Masjid yang ada di Wonosobo. tepatnya masjid Al-Manshur Wonosobo atau masjid besar Kota Wonosobo, yang kemudian lebih dikenal dengan Masjid Kauman, masjid ini begitu bersejarah sampai mampu menarik masyarakat dari dalam maupun luar kota untuk selalu mengunjunginya.

 

Khususnya pada hari jum’at, masjid ini bahkan tidak mamapu menampungjaahnya, selain hari jum’at, jamaah masjid Al-Manshur terlihatbanyak pada hari Sabtu khususnya pada sholat ashar, hal ini bertepatan dengan dilaksanakannya pengajian  Sabtu atau kerap juga disebut pengajian Setonan. Yang rutin dilaksanakan semenjak tahu 1960an, ditambah posisinya yang berada di tengah Kota Wonosobo serta mudah di jangkau dengan transportasi dari segala arah. Jamaah terlihat berbondong bondong datang  ketika waktu dhuhur menjelang.
Masjid yang memilki pertalian erat dengan sejarah berdirinya Pemerintahan Kabupaten Wonosobo, ini juga mencatat sejarah penting sebagai pusat penyebaran Islam. Masjid Al Manashur Wonosobo, didirikan jauh sebelum  masa kemerdekaan. Berbagai kalangan memepercayai umur  masjid ini jauh lebih tua dari kota Wonosobo sendirim sebab cikal bakal terbentuknya Kota Wonosobo itu justru berawald ari masjid Al Manshur ini.

 

foto: KHHI

 

Ya mungkin ulasan mengenai Masjid beasr Al-Manshur Wonsobo kita cukupkan dulu, untuk rubrik kedepan kita ulas kembali dengan cerita yang lebih menarik dan lebih asyik. Penasaran? Tunggu pekan depan!. 
*(Dihimpun dari berbagai sumber)
Share biar yang lain tau

    2 Comments

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.