Media Hiburan Wonosobo Punya

Nylekaminnya Tempe Kemul !


foto: @Wonosoboclick tempe bersanding dengan meniran.
Berbicara mengenai makanan di Wonosobo memang tidak akan pernah selesai, sebab saking banyaknya makanan yang ada di negeri atas awan ini. Dari makanan hingga minuman berbagai macam bahan ada di kota yang berslogan Aman Sehat Rapi Indah (ASRI).
Tulisan ini Kali pertama  tampil pada rubrik “Jaburan” di Wonosobo Click. Langsung saja yang akan kita bahas kali ini yaitu seputar makanan yang sudah tidak asing lagi bagi pembaca. Ya, makanan yang berbahan dasar tempe ini memang sudah menjadi andalan atau kerap dijumpai di Wonosobo. Masyarakat Wonosobo biasa menyebutnya Tempe Kemul. Tempe yang di’kemul’i atau diselimuti entah mengapa disebut tempe kemul, apa karena Wonosobo merupakan daerah yang dingin sehingga saking dinginnya suhu udara di kota ini tempe pun perlu dikemuli (baca: memakai selimut)   yang jelas makanan yang nylekamin ini sangat nikmat.
Tempe kemul merupakan olahan tempe yang diselimuti dengan campuran gandum dan tepung singkong atau biasa disebut pati, ditambah daun kucai yang membuat tempe kemul berbau wangi. Warna kuning dari kunir sebagai pewarna alami semakin menggugah selera bagi penikmatnya. Makanan ini cocok sekali disantap dalam keadaan panas untuk menghangatkan dinginnya negeri di atas awan.
 Makanan yang nylekamin ini juga nikmat jika disantap bersamaan dengan mie Ongklok, mie yang direbus dan diracik bersama campuran kol, potongan daun kucai, dan kuah kental berasal dari pati yang dicampur gula jawa, ebi, serta bumbu rempah yang menendang lidah jika mencicipinya. Tidak hanya disantap dengan mie ongklok saja. disantap dengan nasi megana (nasi yang diatasnya diberi sayur yang di cacah cacah yang dicampur parutan kelapa, atau kerap disebut Gewos) juga nikmat. Dinikmati untuk cemilan jagongan sambil minum teh juga sama enaknya. Jangan heran jika di berbagai acara kerap ditemui, serasa ada yang kurang acara tersebut jika tidak ada tempe kemul.  
Pokoknya tempe kemul cocok dinikmati dengan semua makanan, dan makanan yang sungguh kaffahini memang maknyus. Maka jika masih penasaran bagaimana cita rasa makanan berbahan dasar tempe yang dibalut tepung ini, mari berkunjung ke Wonosobo untuk mencicipinya. Salam Tempe Kemul!
Share biar yang lain tau

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.