Satu Click Bikin Asyik

Ngaji tulisan Mbah Kyai Sahal di media

DIASPORA ISLAM DAMAI – 13
(Ngaji tulisan Mbah Kyai Sahal di media)
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Oleh: Ahmad Muzan MPd.I

Akhirnya sampai juga penulis di desa Kajen Margoyoso Pati. Kajen sebuah kawasan yang secara historis amat kaya dengan tradisi pesantren. mbah Kyai Sahal tinggal di desa tersebut, memimpin sebuah pesantren Maslakul Huda.

Kyai yang intelektual itu mengemban amanat mengawasi kesinambungan pembelajaran dan pendidikan agama islam yang meliputi ilmu fikih, bahasa arab, ilmu kemasyarakatan dan segudang ilmu agama yang ada di pesantren. Bersama Kyai Kyai yang ada di kawasan tersebut. Namun yang menonjol dalam perbincangan masarakat adalah kepakarannya dalam Ushul Fiqih dan Fiqh.

Menariknya lagi disatu sisi beliau menyandang status sbgai pakar Fiqih, berhadapan dengan sebuah kondisi masarakat yang secara politik ekonomis sangat tidak menguntungkan. Namun nyatannya beliau mampu mendialogkan agama dengan kenyataan sosial masyarakat dengan sangat baik.

Melalaui sebuah lembaga pengembangan pesantren beliau mampu memajukan masarakat dengan wujud praktek agama dengan pendekatan fikih. Karenanya tak terbantahkan lagi , bahwa beliau adalah salah seorang yang sangat penting dalam pembaruan di tubuh pesantren.

Begitu renungan penulis tatkala sowan pertama kali di tahun 1993 bersama alumni Matole’. Walapun perjumpaan yang hanya sebentar, dan beliau tidak bersedia hadir pada perhelatan acara yang sudah dirancang sebelumnya. Namun cukup banyak membuat pencerahan pada penulis.

Wonosobo, 13 Ramdlan 1439

Share biar yang lain tau