Media Hiburan Wonosobo Punya

Ngaji al Qur’an dengan Kyai Bab

DIASPORA ISLAM DAMAI -16
(Ngaji al Qur’an dengan Kyai Bab)
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Oleh: Ahmad Muzan MPd.I
Ada tiga hal yang perlu dicermati dalam pembelajaran membaca al Qur’an sebelum memcapai ilmu ilmu lain yang tergali untuk mendalami al Qur’an. Yang pertama dikaji adalah berkaitan dengan membaca al Quran yang lazimnya disebut dengan ilmu Qiro’ah. Jika komponen ini terpenuhi maka pembelajran dikatakan telah memenuhi sarat dan tidak akan mudah mengatakan sebagai bacaan yang paling benar atau berhak mengatakan bacaan yang berbeda dengan dirinya adalah ‘salah’.

Pertama, belajar Al-Qur’an harus kepada guru qur’an. Pengertian sederhananya adalah orang yang pernah belajar kepada guru guru al Quran secara berkesinambungan. Kedua, belajar al Quran hendaklah bermusyafahah (berhadap hadapan) dengan guru al Quran secara langsung.

Ketiga, hendaklah belajar al Quran menggunakan rosm utsmani sebagai standar belajar al Quran yang disepakati oleh para ulama. Jika ketiga hal ini terlaksana maka setidaknya tahapan awal yang terpenting dalam belajar al Quran telah terpenuhi.

Mengenai metode belajar al Quran, apapun metode yang digunakan yang terpenting tidak melewati ketiga komponen tersebut di atas. Sebab dengan berbagai macam metode membaca al Quran semuanya tidak akan pernah keluar dari model.

Pertama, guru membaca kemudian murid menirukan. Kedua, murid membaca guru menyimak dan yang ketiga keduanya bergantian. Sebab sejak mula al Quran diajarkan secara turun temurun demikian pola dan praktek pengajarannya.

Catatan penting ini, penulis dapatkan dari sekian banyak bertemu dengan beliau guru al Qur’an KH.M.Ulil Albab Arwani Kudus.

Wonosobo, 16 Ramadlan 1439

Share biar yang lain tau

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.