Satu Click Bikin Asyik

5 Tempat Wisata asyik sebelum ke Dieng

Wonosobo, merupakan sebuah kabupaten kecil yang terletak persis di tengah tengah pulau Jawa. Wonosobo juga merupakan kota tujuan wisata kedua setelah Magelang dengan Borobudurnya sebagai wisata andalanya di Jawa Tengah.

Sebagian orang mengenal Wonosobo karena mempunyai wisata alam Dieng yang mempesona yang syarat akan budaya. Disamping itu biaya untuk mengunjung berbagai objek wisata di Wonosobo pun di bilang cukup murah.

Namun tahukah anda bahwa Wonosobo ternyata mempunyai wisata selain Dieng yang sayang kalau terlewati. Sayang bukan berkunjung ke Wonosobo hanya untuk pergi ke Dieng, mungkin, cobalah sesekali menengok surga tersembunyi yang ada di kota dingin ini.

Mari kita  ulas satu per satu perjalanan menjelajahi objek wisata di Wonosobo selain Dieng berikut:

Alun-alun Kota Wonosobo
Jika  datang ke Wonosobo jangan terburu-buru menuju ke Dieng, cobalah sejenak beristirahat di taman alun alun kota Wonosobo yang asri. banyak tempat yang bisa anda gunakan untuk sekedar santai bersama keluarga maupun kerabat dekat.

Instagram:@Andy_apra

Di sana terdapat juga berbagai macam jajanan tradisional seperti batagor, sagon, dan tentunya mie ongklok makanan khas negeri saba yang menggugah selera makan tentunya  selain itu pemandangan asri di alun alun Wonosobo sangat menarik untuk di jadikan objek foto yang indah lho.

Pemandian Air Hangat Kalianget

Setelah puas menikmati ASRI nya alun alun kota Wonosobo cobalah mampir berendam di kolam renang Kalianget. Letaknya yang tak jauh dari alun alun Wonosobo. hanya berjarak sekitar 4 kilometer.

Tepatnya berada di desa Kalianget Kecamatan Wonosobo, kolam renang air hangat ini berada di jalan menuju Dieng. Bagi anda yang ingin berkunjung ke Dieng mungkin tidak ada salahnya ya untuk mampir ke obyek wisata ini untuk berendam menghangatkan badan dari dinginya kota Wonosobo.

IG: Driyantoaris

Selain kolam renang di kawasan wisata tersebut juga terdapat taman yang asri. Cocok di gunakan untuk istirahat dan area bermain.

Selain itu juga terdapat pemandian air panas yang masih alami yang berlokasi di Desa manggisan yang berlokasi tidak jauh dari kolam renang air hangat.

Wisata Alam Telaga Menjer Wonosobo

Setelah puas berendam di Kalianget, perjalanan bisa di lanjutkan menuju telaga Menjer yang berlokasi di Kecamatan Garung. Telaga ini juga berlokasi di jalan Dieng kilometer 8. Dan lagi lagi ada spot menarik yang amat disayangkan jika berkunjung di Wonosobo sebelum sampai ke Dieng.

IG: Telagamenjer28

Untuk akses menuju ke lokasi ini, dari kolam renang air hangat menuju ke utara melewati jalan Dieng. setelah sampai ke jalan Dieng kilometer 8 sampailah di sebuah pasar yang bernama pasar Garung. Sesampainya di pasar lalu belok kiri yang di tandai dengan gapura yang bertuliskan PLTA Garung, dengan menyusuri jalan tersebut hingga sampai ke pinggir telaga. Jarak dari gapura pun sampai ke telaga  sekitar 2 hingga 3 klometer.

Di telaga ini anda dapat menikmati telaga dengan view pemandangan perbukitan hijau dan juga gunung Sindoro tak hanya itu saja jernihnya air telaga pun membuat adem di mata. Anda juga bisa menaiki prahu dengan tarif 15000 rupiah per orang untuk mengelilingi telaga.

Curug Sikarim

Tempat wisata di Wonosobo selain Dieng selanjutnya adalah curug Sikarim. curug ini terletak tidak jauh dari telaga Menjer tepatnya berada di desa Sembungan.

IG: yudisuhani_

air terjun ini mempunyai ketinggian sekitar 24 meter. Bagi anda yang berniat untuk mengunjungi curug ini kami sarankan untuk mempersiapkan tenaga karena jalan menuju curug sikarim tidak lah mudah. Anda harus melewati pematang sawang penduduk dan lembah dengan jalanan yang terjal dan licin. tentu semua itu akan terbayar dengan keelokan air yang mengalir dengan indah dan segarnya menambah semangat tentunya lelah pun menjadi hilang.

Kebun Teh Tambi

 

IG: wahidunited

Setelah dari telaga Menjer dan juga curug Sikarim bisa di lanjutkan perjalanan menuju utara menyusuri jalan Dieng. kali ini kita melanjutkan dengan mengunjungi Kebun teh Tambi. Akses menuju lokasi ini dari telaga Menjer anda harus kembali lagi pada jalur utama Dieng menuju pasar Garung, dengan berjalan  sekitar 4 atau 5 KM dan anda akan menemukan kawasan kebun teh Tambi yang sejuk nan indah.

Dikawasan tersebut anda dapat menikmati pemandangan kebun teh yang ijo royo-royo dan juga dapat berkunjung ke pabrik teh untuk melihat pengolahan daun teh dari baru saja di petik hingga siap di pasarkan.

Selain bisa mengunjungi pabrik dan kebun teh di kawasan wisata tersebut juga terdapat taman dan kolan yang bisa di gunakan sebagai tempat beristirahat yang nyaman.

IG: ari_iswandari

Nah, yang sudah disebutkan diatas merupakan tempat yang recomended dari Wonosobo click untuk dikunjungi sebelum menuju Dieng. tentunya masih ada banyak lagi yang dapat kita bahas dan pastinya tak kalah menarik. mungkin dapat kita sambung di edisi berikutnya ya kawan. sampai bertemu di episode selanjutnya!

 

Share biar yang lain tau